IQRA’ : Makhluk Membaca

0
88

Berbicara tentang Al- Qur’an, kita ketahui Bersama Al- Qur’an adalah kalamullah, kitab ajaran ummat Islam, kitab petunjuk, yang demikian pengertian Al- Qur’an setelah kita memperoleh dan mempelajari sejarah turunnya Al- Qur’an. Di dalam QS Al- Alaq ayat pertamanya yang berbunyi Iqra’  atau yang artinya adalah perintah membaca , merupakan wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW. Yang demikian ini kata Iqra’ itu di ulang sebanyak dua kali dalam rangkaian wahyu pertama tersebut. Perintah membaca itu tidak semata- mata di peruntukan kepada Nabi Muhammad saja, tetapi juga untuk ummat manusia sepanjang hayat, dan kita sadari sekarang ini perintah membaca itu juga  adalah merupakan kunci pembuka jalan kebahagiaan baik di dunia maupun di Akhirat.

Kata Iqra’ ini terambil dari kata dasarnya yaitu qara’a yang artinya membaca, menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti, dan lain sebagainya dan pada kata tersebut pun objek membaca juga tidak di jelaskan secara spesifik sehingga bersifat umum, maka objek membaca itu pun mencakup berbagai aspek baik itu bacaan kitab suci yang bersumber dari Allah, telaah terhadap alam raya, masyarakat, dan diri sendiri, majalah, koran, bulletin, dan lain sebagainya,

Perintah membaca merupakan perintah yang amat sangat berharga yang diberikan kepada ummat manusia. Kerena merupakan jalan yang dapat menghantarkan manusia mencapai derajat manusia yang tinggi, dan dapat di katakan membaca merupakan salah satu syarat dari peradaban, apabila semakin luas dalam membaca maka semakin tinggi peradapan. Maka dari itu manusia bisa disebut sebagai makhluk membaca.

Manusia di dalam prespektif Islam, bertugas sebagai Abd lillah dan juga sebagai khalifah (QS 2:30) di bumi, kedua tugas ini merupakan konsekuensi dari potensi keilmuan yang telah Allah berikan kepada ummat manusia. Kekhalifahan itu menuntut untuk adanya hubungan manusia dengan manusia, dengan alam maupun dengan Allah. Dan karena berkaitan dengan alam, kekhalifahan perlu adanya bimbingan terhadap makhluk agar mampu mencapai tujuan penciptaannya. Maka dari itu dibutuhkannya pengenalan dengan alam raya, pengenalan ini tidak mungkin tercapai tanpa adanya usaha membaca, menelaah, mengkaji, dan lain sebagainya,

Dengan demikianlah, iqra’ atau membaca ini merupakan syarat pertama dan yang paling utama bagi keberhasilan manusia. Dan berdasarkan hal tersebut, tidaklah mengherankan apabila menjadi tuntunan pertama yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. (ghina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here