Latihan Kepemimpinan Pelajar “Disdikbud Jawa Tengah Membekali Pelajar dengan Pendidikan Karakter”

0
179

Latihan Kepemimpinan Pelajar “Disdikbud Jawa Tengah

Membekali Pelajar dengan Pendidikan Karakter”

Pati (20/12) Latihan Kepemimpinan Pelajar se-Jawa Tengah telah resmi di buka oleh perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cabang Wilayah III. Kegiatan yang bertempat di SMK Muhammadiyah I Kabupaten Pati berlangsung dari tanggal 20 sampai dengan 27 desember 2018. Sebanyak 96 yang merupakan delegasi dari 14 pengurus daerah di Jawa Tengah akan mengikuti beberapa pilihan training dan kursus diantaranya adalah basic training, intermediate training serta latihan brigade tingkat dasar.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cabang Wilayah III yang dalam hal ini diwakilkan oleh Drs H.Sunoto, M.M memberikan sambutan sekaligus materi pengantar tentang pendidikan karakter. Materi pendidkan karakter ini seharusnya disampaikan oleh wakil gubernur Jawa Tengah. Mengingat bahwa sebelumnya pengurus wilayah Pelajar Islam Indonesia (PII) Jawa Tengah telah melakukan audiensi kepada pihak gubernur untuk meminta dukungan terkait pelaksanaan latihan kepemimpinan pelajar.

Pendidikan karakter dirasa penting untuk di sampaikan kepada pelajar dalam rangka menyadarkan dan meneguhkan kembali semangat patriotsime serta rasa nasionalisme yang mulai terkikis karena adanya pengaruh pemikiran barat. Untuk itu pihak disdikbud berharap kepada pihak sekolah dan organisasi kepelajaran untuk terlibat dalam menyukseskan program ini. Di sekolah-sekolah biasanya materi pendidikan karakter ini disampaikan pada saat masa orientasi lingkungan sekolah.

Pelajar merupakan salah satu agen yang berperan dalam mengubah kehidupan bangsa Indonesia di masa depan harus senantiasa meng-uprage diri serta membentengi dari pengaruh pemikiran barat. Pemikiran tersebut cenderung akan menimbulkan prilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Maka dari itu perlu adanya pemahaman terkait pendidikan karakter agar pelajar dapat menjalankan fungsinya sebagai salah satu agen of change. (Red Umi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here