Pelajar Millenial : Melek Teknologi

0
181

Menurut keterangan dari Wikipedia, generasi Milenial atau sering juga disebut “Generasi Y” atau “Milenials” adalah kelompok orang yang lahir setelah Generasi X, yaitu orang – orang yang lahir pada kisaran tahun 1980 -2000.

Jika diperhitungkan berarti Generasi Milenials adalah orang – orang yang saat ini berumur pada 17 – 37 tahun. Tentunya jika kita perhatikan pelajar atau mahasiswa saat ini sudah dipastikan termasuk dalam Generasi Milenials. Di Indonesia sendiri tercatat ada 81 juta yang merupakan generasi Milenials dari jumlah 255 juta penduduk yang telah tercatat.

Melek digital (digital literacy) didefinisikan sebagai sekumpulan kompetensi yang dibutuhkan dalam sebuah masyarakat ilmu. Kompetensi itu mencakup pengetahuan, keahlian, dan perilaku yang melibatkan penggunaan alat-alat digital seperti telepon pintar (smartphone), tablet, laptop, dan sebagainya untuk tujuan berkomunikasi, berekspresi, berkolaborasi, dan advokasi.

Rata-rata mereka menghabiskan waktu di depan layar perangkat mobile minimal sekitar tiga jam sehari. Angka tersebut melambung empat tahun kemudian menjadi 20 persen. Waktu yang dialokasikan untuk menonton streaming juga meningkat tiga kali lipat. Fakta tersebut membuktikan, perilaku generasi millennial sudah tak bisa dilepaskan dari menonton video secara dari Youtube.

Teknologi juga membuat para generasi internet tersebut mengandalkan media sosial sebagai tempat mendapatkan informasi. Saat ini, media sosial telah menjadi platform pelaporan dan sumber berita utama bagi masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here