Fika, begitu sapaan akrabnya. Ia bersama timnya baru saja meraih juara pertama dalam ajang perlombaan LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) tingkat nasional. Lomba yang diselenggarakan oleh BEM Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung pada tanggal 2 sampai dengan 4 maret 2018 ini diikuti oleh para delegasi universitas se Indonesia. Untuk babak penyisihan berhasil menjaring 28 unversitas sementara untuk babak final ada 6 universitas dan UNNES termasuk didalamnya hingga berhasil menjadi juara pertama. Lomba ini merupakan rangkaian dari kegiatan SWIC (Social Welfare Initiative Cmpetition) yang mengusung tema pembangunan berkelanjutan dalam penanggulangan kemiskinan selain lomba infografis yang juga termasuk didalamnya.

Perlombaan yang diikuti oleh mahasiswa aktif perguruan tinggi negeri maupun swasta ini memiliki mekanisme penjurian yang tidak mudah, setelah para peserta mengirimkan berkas berupa gambaran abstrak isi karya ilmiah setelah itu dilanjutkan dengan pengiriman fullpaper apabila lolos ke babak selanjutnya. Pengiriman berkas yang berlangsung dari tanggal 21 januari sampai dengan 21 februari 2018 ini menyisakan 10 tim untuk maju kebabak presentasi dan mengikuti rangkaian acara untuk menyambut hari pekerja sosial internasional. Tim tersebut terdiri dari beberapa kampus nasional UII, UB, UNNES, Telkom University, STKS dan Undip. Fika dan rekannya Riski Ashari ada diposisi pertama kemudian disusul oleh delgasi dari Telkom University serta Universitas Brawijaya.

Selain berprestasi dikampus fika juga menekuni bidang kuliner, hal ini dapat dibuktikan dengan produk makanannya yang berhasil menarik pasar mahasiswa salah satunya berupa banana nugget serta memiliki brand Semarang Homemade. Ia memulai usaha kuliner awalnya karena hobi kemudian menerima orderan dari teman-teman terdekatnya. Namun karena masih ada tanggungan menyelesaikan penelitian tugas akhir untuk sementara sedang tidak menerima pesanan atau closed order.

Dara cantik kelahiran 22 tahun lalu ini berhasil menginspirasi khalayak bahwa perempuan mampu memiliki keunggulan dalam bidang yang ditekuninya apabila mau untuk berinovasi dan mampu mengembangkan potensinya untuk hal-hal yang bermanfaat. Fika, yang saat ini masih menjabar sebagai ketua divisi Kiske Korwil PIIwati Jawa Tengah periode 2017-2019 ini berpesan kepada generasi muda khususnya para perempuan untuk memberikan inspirasi kepada sesama, tetap berkarya, selalu berkontribusi kepada keluarga, umat, agama dan negara sehingga mampu menjalankan fungsinya sebagai agen perubahan. (rach)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here