Siapakah Pemuda Itu ?

0
638

Berikan aku sepuluh pemuda maka akan aku goncangkan dunia (Bung Karno)

Berbicara tentang pemuda tentu tidak asing lagi dalam pendengaran kita. kata pemuda telah banyak didefinisikan dengan berbagai macam sudut pandang yang berbeda, baik secara fisik, psikis, umur dan tingkah lakunya. Pemuda kalo kata bang roma irama dalam lagunya yang berjudul “Darah Muda” seperti ini, kita baca sama-sama yah:

“Darah muda, darahnya para remaja, yang selalu merasa gagah, tak pernah mau mengalah, masa muda, masa yang berapi-api, yang maunya menang sendiri, walau salah tak perduli, darah muda… “.

Etss, bacanya jangan sambil goyang-goyang yah, entar keasyikan lagi, hehehe.

Penulis bukan bermaksud mau ngajakin pembaca untuk bersama-sama nyanyikan lagunya bang roma irama, namun dalam syair lagu beliau perlu kita renungi bersama, masa muda ya kurang lebih seperti itulah, emosinya tinggi, semangatnya berapi-api, tak mau mengalah, maunya menang sendiri, walau salah tetap malas tahu, kalo bahasanya orang papua “epen kah”.

Masa muda itu luarbiasa loh gyuss, gimana gak luar biasa dimasa muda itu harapan bangsa dipundaknya. Ya gak salah kalo bung karno pernah ngomong, berikan sepuluh pemuda maka akan aku goncangkan dunia. Tuh kan, pemuda yang disebut bukan pe-tua[1]. Karena memang pemuda punya potensi yang luar bisa. Melek berita sedikit dah, baru-baru ini indonesia digemparkan dengan ulah seorang anak muda yang berstatus mahasiswa, baru satu aja sudah bisa menggemparkan bumi indonesia, mungkin saja ini salah satu model pemuda yang diomongin sama bung karno dulu. Yukk, kembali ke berita lagi, emangnya apa sih yang dibuat sama anak muda yang satu ini. Yukk simak, dilansir dalam sebuah media online[2] :

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kejadian mengagetkan terjadi ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan dalam acara Dies Natalis Unversitas Indonesia. Sesaat setelah Jokowi membuka sambutannya, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia mengacungkan sebuah buku berwarna kuning.

Salah satu anggota Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang berada di dekatnya langsung menggiring Ketua BEM ini keluar dari ruangan. Ketika ditemui, Ketua BEM Universitas Indonesia (UI) yang diketahui bernama Zaadit Taqwa menuturkan, aksi yang dilakukannya merupakan bentuk evaluasi bagi Jokowi dan Kabinet Kerja yang dipimpinnya. “Jadi ngasih peringatan buat Jokowi untuk menyelesaikan permasalahan bangsa,” ujar Zaadit, Jumat (2/2)…

Ow ternyata anak muda itu kasih kartu kuning untuk Presiden kita, kayak wasit aja ni anak. Hehehe.

Itulah anak muda dan itulah mahasiswa, semangat masih tinggi, emosinya juga tinggi dan yang gak kalah penting pemuda itu kreatif. Gimana gak kreatif, ngeritik presiden aja pake kartu, ya meskipun banyak pihak yang pro dan juga kontra menyikapi kasus ini, namun yang menjadi titik poinnya adalah hal itu dilakukan oleh seorang anak muda. Itulah salah satu contoh bagaimana jadinya jika pemuda itu bereaksi, pasti akan menimbulkan aksi. Beritanya cukupkan sampai disini dulu ya gyus, kalo belum puas entar baca sendiri aja, tuh laman beritanya ada dicatatan kaki nomor 2.

Selanjutnya agar lebih jelas pemuda itu apa, siapa, dan kapan dikatakan masih muda, disini akan coba disampaikan beberapa definisi kata “pemuda” tentunya dari para pakar tersebut.

Pertama, pengertian pemuda yang dilansir dalam indonesiastudents.com memberikan pengertian secara bahasa pengertian pemuda adalah seorang laki-laki atau perempuan yang sudah mencapai tahap dewasa. Frase paling sering didengar kepada seorang pemuda adalah harapan bangsa.

Kedua, pengertian pemuda yang di definisikan oleh World Health Organization (WHO) Pengertian pemuda adalah seseorang yang berusia 10 sampai 24 tahun (young  people), sedangkan untuk usia 10 sampai 19 tahun  disebut WHO menyebutnya dengan adolescenea/remaja.

Ketiga, Pemuda adalah sebutan yang ditujukan sebagai kategorisasi bagi seseorang yang berada di usia muda. Menurut United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), “youth is best understood as a period of transition from the dependence of childhood to adulthood’s independence and awareness of our independence as member of a community” (www.unesco.org). Untuk terjemahan artinya entar cari sendiri aja yah, yang pasti tulisan di atas itu ngomongin tentang pemuda ko. Hee.

Jika dilihat dari faktor usia, kaum muda berdasarkan batasan rentang usianya terdapat beberapa pendapat:

  1. Taufik Abdullah (1994: 1), di tahun 1974 mengemukakan bahwa “dari sudut kependudukan, yang terpantul pula dalam statistik dan ekonomi, lebih ditekankan pada pembagian umur – 15 dan 25 tahun sering dihitung sebagai pemuda”;
  2. United Nation (PBB), menyatakan batasan usia remaja adalah 15-24 tahun.
  3. UU No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan Pasal 1.1, menetapkan bahwa “pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun” (kemenpora.go.id).

Kita cukupkan sampai disini dulu yah penyampaian pemuda secara definitif, meskipun semakin banyak yang disampaikan semakin bagus, namun penulis pikir dari beberapa penjelasan di atas, kita sudah mendapatkan beberapa pemahaman tentang apa itu pemuda. Baiknya kita membuat suatu kesepakatan bersama arti kata pemuda, agar dalam pembahasan nanti ketika disebut kata pemuda, maka pemuda yang dimaksud adalah yang sudah kita pahami dan kita sepakati bersama. Oke.

Dari beberapa definisi atau pengertian tentang pemuda di atas, kita sepakati bahwa pemuda adalah seseorang baik laki-laki/perempuan yang berusia 10 – 30 tahun dengan memiliki masa pertumbuhan dan perkembangan baik fisik maupun psikis dan memiliki masa depan jauh kedepan, serta kreatifitas  yang tinggi.

Itulah pengertian pemuda yang coba dirumuskan kembali berdasarkan beberapa pengertian di atas. Jadi, ketika kita bicara tentang pemuda baik itu laki-laki/perempuan yang pasti usianya masih muda, kemudian secara fisik masih segar-bugar, dan secara psikis pemuda itu mempunyai jiwa dan semangat yang tinggi. Dan yang gak kalah penting dalam pengertian di atas, WHO menyebutkan kata remaja, agar pembahasannya gak melebar kesana kemari kita cukupkan saja remaja masuk dalam kategori pemuda, walaupun dalam tulisan lain ada yang membahas perbedaan antara keduanya. Jika ditelitih lebih dalam, keduanya tentu mempunyai perbedaan secara khusus, terutama perbedaan itu dari segi psikologisnya, karena perbedaan usia itulah salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan psikologi dan kondisi sosial. Jika dibahas dalam buku ini rasanya kurang pantas, yaa karena latar belakang keilmuan kami yang sangat terbatas, apalagi bidang studi yang sedang kami geluti sangat jauh berbeda.

Sengaja kami tinggalkan pembahasannya, agar yang lain dan yang dibidangnya secara kusus untuk membahas, entar kita tinggal baca aja deh. Gimana, sepakat yah. Ok, sampai disini sudah paham tentang siapa itu pemuda ….. ? Pahaaam. Pintaaar. (he…he…he… penulis bukan bermaksud mau menggurui).

 

[1] Dalam penyebutan orang timur termasuk papua kata pe-tua dinisbatkan kepada seorang laki-laki yang sudah berkeluarga dan/atau usianya sudah tua.

[2] Lebih jelas tentang kasus Kartu Kuning Jokowi- baca : http://republika.co.id/berita/nasional/politik/18/02/02/Arti Kartu Kuning dari Ketua BEM UI untuk Jokowi.

 

Penulis adalah: Masykur, Aktivis Pelajar Islam Indonesia, Ketua Umum PW PII Papua Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here